juzamma



Saya rasa semua orang islam yang pandai baca Al Quran akan tahu dengan juzamma. Juz amma adalah juz ke 30 dari al Quran. Dan ini berarti ia bagian paling ujung dimana 38 dari 114 surat dalam al quran berada. Juz amma normalnya adalah bagian al quran yang pertama diajarkan pada anak-anak. Karena ayat-ayatnya pendek sehingga mudah dihapal. Ditambah lagi dengan rimanya yang jelas.

So saya memilih membaca sebuah terjemahan juz amma. Timbul pikiran di benak saya, kenapa orang islam begitu takut dengan neraka ketimbang tertarik dengan surga. Dalam jemaah ini, saya melihat mereka bicara tentang azab, dosa dan siksa kubur. Sebuah pembicaraan yang destruktif, yang sangat dihindari kaum perempuan normal. Itu mungkin kenapa islam lebih mementingkan laki-laki dari perempuan.

Saya menghitung secara sederhana dan menemukan suatu hal yang merisaukan, dari 524 ayat juz amma, 54% berbicara mengenai ancaman, dari siksa kubur, kiamat hingga siksa neraka. Sebaliknya, hanya 17% ayat yang bicara tentang hadiah, seperti kenikmatan surga dan dunia, dan sisanya 29% adalah ayat-ayat yang bicara tentang sumpah-sumpah, hokum dan kosmologi.

Tidak heran bila sejak kecil, anak-anak sudah ditanamkan ancaman-ancaman mengerikan seperti ini, maka mereka cenderung untuk berbuat penuh dengan ketakuatan dan kecemasan.

Penulis : myself ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel juzamma ini dipublish oleh myself pada hari 28 Okt 2009. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan juzamma
 

0 comments:

Posting Komentar